Laman

Jumat, 19 Agustus 2011

Latihan Relaksasi Dasar & Self hypnosis


Relaksasi adalah teknik untuk mencapai kondisi rileks. Metode relaksasi hypno-birthing akan sangat bemanfaat bagi mereka selama proses melahirkan. Pada saat ibu hamil beristirahat dalam keadaan duduk atau terbaring rileks, otot-otot dinding perut dan rahim juga dalam keadaan rileks. Ini akan meningkatkan aliran darah ke rahim dan meningkatkan jumlah oksigen dan zat-zat gizi yang dibutuhkan bayi. Selain itu, akan memberikan bayi lebih banyak ruang gerak. Umumnya bayi akan mengetahui hal ini dan menyukainya.




Berikut ini langkah mudah untuk mendapatkan sensasi relaksasi:
Hilangkan Ketegangan Diri Anda
Untuk rileks dan menghilangkan ketegangan dalam tubuh, alihkan perhatian anda ke berbagai bagian tubuh anda, seperti dari kepala ke ibu jari anda. Hal ini biasa di sebut "scanning". Fokuslah pada setiap bagian selama 5 - 15 detik, pastikan benar-benar rileks sebelum pindah ke bagian berikutnya. Misalnya anda bisa mulai dengan bagian atas kepala anda, kemudian dahi, maka mata, pipi, mulut, rahang, leher, dan sebagainya.
Mata Tertutup
Tutuplah mata untuk mengurangi masukan pada otak yang tidak di inginkan. Menutup mata menghilangkan sekitar 80% dari input eksternal otak.
Atur Posisi Mata
Pengaturan posisi mata adalah cara yang bagus untuk membantu membawa pikiran ke suatu keadaan yang tenang. Bila anda menengadah, bagian visual dalam otak akan terangsang. Itulah sebabnya banyak orang melihat ketika mereka mencoba untuk memecahkan masalah matematika, atau mencoba mengingat sesuatu yang di dengar. Jadi, bila anda menutup mata anda, pindahkan sedikit ke atas. Hal ini memicu otak anda untuk mulai memproduksi sejumlah besar gelombang otak Alpha. Bagi banyak orang, posisi alami mata (pada saat tertupan) sedikit ke atas. Angkat bola mata anda ke atas lebih banyak, tetapi jangan di paksakan sehingga tidak nyaman. Mungkin perlu waktu untuk membiasakan diri, sehingga jika anda merasa tidak nyaman, biarkan mata beristirahat pada posisi biasanya.
Count Down
Menghitung mundur (di kepala anda) dari 10, 20, 50 atau 100 adalah cara yang tepat untuk membuat rileks tubuh anda dan membantu memfokuskan pikiran anda. Dianjurkan untuk menghitung mundur seperti ini:
"Sepuluh .. saya semakin relaks setiap saya menghitung mundur. ... Sembilan, pada hitungan nol Aku benar-benar santai, delapan.... Pikiran dan tubuh saya benar-benar santai pada hitungan 0 ......" dan sebagainya.
Memvisualisasikan angka juga sangat membantu untuk bisa rileks. Ketika anda berpikir setiap angka, memvisualisasikannya mengambang di ruang 3 Dimensi, berputar, bersinar atau memantulkan cahaya.
Membayangkan
Visualisasi adalah cara yang bagus untuk mengalihkan pikiran anda. Visualisasikan objek sederhana, misalnya: bunga. Tambahkan warna untuknya, membuat mereka berputar di 3d. Membuatnya bersinar dan mencerminkan dunia di sekitarnya.
Bernafas Melalui Abdomen Anda
Bernapas sangat berhubungan dengan gelombang pada otak. Pernapasan yang dalam akan menyebabkan anda secara cepat merasa santai. Bernapas melalui dada biasa di kaitkan dengan respon “Flight” atau sering terjadi pada saat anda stress. Pernapasan perut, menyebabkan perasaan Percaya Diri dan sangat santai.
Untuk mengetahui apakah anda bernapas dengan benar, letakkan satu tangan di dada dan yang lainnya di perut. Bila anda menarik nafas, tangan di perut anda harus naik sementara tangan pada dada anda harus tetap seperti semula tanpa tergeser. Perhatikan gambar di bawah
Bernapaslah Merata
Cobalah untuk tetap bernafas dengan stabil. Juga, menghirup pada tingkat yang sama seperti anda mengeluarkan napas. Banyak orang memiliki kecenderungan saat menghirup membutuhkan waktu yang lama dan kemudian mengembuskan napas dengan sangat cepat, atau sebaliknya. Menjaga keseimbangan antara keduanya akan membantu anda rileks.
Bersantai Dengan Napas Anda
Ambil napas dalam-dalam, melalui perut anda, dan pada setiap napas sedikit lebih santai. Rileks pada saat membuang napas akan lebih mudah jika anda bernafas dengan lambat dan panjang. Setiap napas harus bisa menciptakan rasa yang lebih santai sampai relaksasi benar-benar tercapai sepenuhnya.
Rilekskan Kelopak mata
Lemaskan kelopak mata. Tubuh anda dapat mengetahui bahwa anda sedang berpura-pura relaksasi dari ketegangan di kelopak mata anda. Rilekskan kelopak mata anda dan pikiran anda akan ikut rileks.
Biarkan Rahang Anda Turun
Majukan ke depan dan biarkan rahang anda sedikit turun atau terbuka sampai adalah merasa santai. Rahang adalah tempat yang tepat bagi tubuh anda untuk menyembunyikan ketegangan. Jangan khawatir, tidak ada yang melihat, jadi biarkan turun sedikit.
Lemaskan Tubuh Saat Anda Merasa Tegang
Pada saat anda mungkin merasa bahwa bagian-bagian tertentu dari tubuh anda tegang, dengan begitu tubuh anda memberitahu bahwa bagian-bagian tersebut membutuhkan rileks. Jika anda merasa kaki, lengan atau bagian lain dari tubuh anda tegang, santaikan perlahan-lahan dan biarkan ketegangan pergi.
Bayangkan Sebuah Tempat di mana Anda Paling Santai (Contoh Tempat Tidur, taman, pantai)
Berpikir tentang tempat di mana anda biasanya santai merupakan cara terbaik untuk menipu tubuh (dan pikiran) menjadi santai dengan sendirinya. Tempat tidur anda adalah pilihan yang paling tepat, tapi mungkin sofa, taman atau pantai sesuaikan dengan tempat favorit anda ini akan lebih baik buat anda .
Efek Samping Relaksasi (yang Sedikit Mengganggu)
Air liur - ketika tubuh rileks, biasanya meningkatkan produksi air liurnya. Jangan khawatir, ini normal.
Berkedut - ketika merilekskan tubuh di tempat asing (seperti kursi komputer), biasa di rasakan beberapa perlawanan di bagian-bagian tertentu yang terasa tegang terus sepanjang hari. Daerah ini akan "kedutan" saat anda berusaha membuatnya rileks. Jangan khawatir, ini normal dan berangsur hilang, terutama jika anda berusaha lebih rileks di siang hari, yang merupakan hal yang sangat sehat untuk melakukannya.
Kenangan yang telah terkubur menjadi teringat - Hal-hal yang telah terlupakan dalam dekade tertentu teringat kembali adalah normal. Kadang-kadang anda mungkin teringat sesuatu yang tidak diinginkan dan mungkin harus mengulang sesi. Hal ini biasa terjadi pada beberapa orang, kejadian ini sebenarnya pikiran anda mengatakan bahwa pikiran bawah sadar anda memerlukan bantuan. Gunakan hal ini sebagai panduan untuk membantu memprogram kembali pikiran anda.
Gatal - kebanyakan orang mengalami gatal-gatal yang gak jelas tempatnya kadang terjadi pada saat pertamakali belajar relaksasi. Ini normal. Cobalah untuk mengabaikannya. Menuruti dan menggaruknya hanya akan menyebabkan lebih terasa ke permukaan. Ambil napas dalam-dalam (melalui perut) dan abaikan gatal. Maka rasa gatal tersebut akan berangsur hilang.
Efek Samping Relaksasi (yang Menguntungkan)
Relaksasi harian mungkin adalah salah satu kegiatan yang paling bermanfaat yang dapat anda lakukan untuk tubuh anda. Kadang-kadang bahkan lebih berharga dari olahraga.
Meningkatnya Neurokimia membantu seperti serotonin, yang mengontrol suasana hati (seperti kebahagiaan).
Sirkulasi yang meningkat dan panas tubuh. anda mungkin akan merasa sangat hangat setelah rileks. Hal ini karena peningkatan sirkulasi yang disebabkan oleh kurangnya ketegangan pada otot. anda bahkan mungkin merasa panas di kaki yang umumnya dingin, seperti tangan atau kaki.
Meningkatnya kestabilan emosi , Meningkatnya energy, Meningkatnya memori dan pikiran terorganisir.
rajinlah melakukan relaksasi untuk menuai manfaat yang sebesar-besarnya bagi diri Anda, kehamilan, persalinan dan juga bayi serta keluarga Anda.
Salam Hangat

Klinik Herbal Cipto Husodo
Alamar :Perum Griya Sakinah Jl. Madinah Raya No.4 Ungaran
Terlp.02470405621-088215276646-081575071646

sumber :Bidan Kita

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar